PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PRODUK TAPLUS MUDA DI PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG PEMBANTU UNIVERSITAS SILIWANGI (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Siliwangi)

Andika, Risma Putri (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PRODUK TAPLUS MUDA DI PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG PEMBANTU UNIVERSITAS SILIWANGI (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Siliwangi). Diploma thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 3. PENGUJI.pdf] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. MOTTO.pdf] Text
4. MOTTO.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 5. PERNYATAAN.pdf] Text
5. PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 8. PERSEMBAHAN.pdf] Text
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[thumbnail of 18. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan pada produk Taplus
Muda serta tingkat kepuasan nasabah di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
Kantor Cabang Pembantu Universitas Siliwangi. Tujuan lainnya adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
nasabah, khususnya di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Siliwangi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
metode eksplanatori, dan analisis dilakukan melalui regresi linier sederhana. Data
dikumpulkan dari 200 responden yang merupakan pengguna aktif produk Taplus
Muda. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa kualitas pelayanan
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh
nilai t-hitung sebesar 11,335 dengan tingkat signifikansi 0,001. Ini berarti, semakin
baik kualitas pelayanan yang diterima, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan
nasabah terhadap produk Taplus Muda. Aspek pelayanan seperti keandalan,
responsivitas, jaminan, empati, dan bukti fisik telah berjalan dengan cukup baik.
Namun, masih terdapat beberapa kendala, khususnya pada layanan digital, seperti
sistem yang error dan transaksi yang gagal, yang perlu mendapat perhatian dari
pihak bank. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan
memiliki pengaruh yang nyata terhadap kepuasan nasabah Taplus Muda. Oleh
karena itu, peningkatan pelayanan, terutama pada aspek digital, menjadi hal yang
krusial untuk mempertahankan loyalitas nasabah muda di tengah perkembangan
perbankan digital saat ini.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Taplus Muda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII)
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 10 Nov 2025 02:23
Last Modified: 10 Nov 2025 02:23
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item
View Item