Andika, Risma Putri (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PRODUK TAPLUS MUDA DI PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG PEMBANTU UNIVERSITAS SILIWANGI (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Siliwangi). Diploma thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (24kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (364kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (1MB)
4. MOTTO.pdf
Download (117kB)
5. PERNYATAAN.pdf
Download (1MB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (12kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (9kB)
8. PERSEMBAHAN.pdf
Download (11kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (101kB)
10. BAB I.pdf
Download (144kB)
11. BAB II.pdf
Download (72kB)
13. BAB III.pdf
Download (256kB)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (368kB)
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (76kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (816kB)
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan pada produk Taplus
Muda serta tingkat kepuasan nasabah di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
Kantor Cabang Pembantu Universitas Siliwangi. Tujuan lainnya adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
nasabah, khususnya di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Siliwangi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
metode eksplanatori, dan analisis dilakukan melalui regresi linier sederhana. Data
dikumpulkan dari 200 responden yang merupakan pengguna aktif produk Taplus
Muda. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa kualitas pelayanan
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh
nilai t-hitung sebesar 11,335 dengan tingkat signifikansi 0,001. Ini berarti, semakin
baik kualitas pelayanan yang diterima, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan
nasabah terhadap produk Taplus Muda. Aspek pelayanan seperti keandalan,
responsivitas, jaminan, empati, dan bukti fisik telah berjalan dengan cukup baik.
Namun, masih terdapat beberapa kendala, khususnya pada layanan digital, seperti
sistem yang error dan transaksi yang gagal, yang perlu mendapat perhatian dari
pihak bank. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan
memiliki pengaruh yang nyata terhadap kepuasan nasabah Taplus Muda. Oleh
karena itu, peningkatan pelayanan, terutama pada aspek digital, menjadi hal yang
krusial untuk mempertahankan loyalitas nasabah muda di tengah perkembangan
perbankan digital saat ini.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Taplus Muda
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII) |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 02:23 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 02:23 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1035 |
