PENGARUH MEDIA 3D ANATOMY AND PHYSIOLOGY BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Konsep Sistem Sirkulasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

MAULIDIN, SAHRUL (2023) PENGARUH MEDIA 3D ANATOMY AND PHYSIOLOGY BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Konsep Sistem Sirkulasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Ucapan Terimakasih.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh media 3D Anatomy and Physiology berbasis Lesson Study terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental dengan sampel menggunakan 35 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan desain penelitian one grup pretest�posttest. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh media 3D Anatomy and Physiology sebagai media pembelajaran dan kegiatan Lesson Study sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi sistem sirkulasi, didapatkan bahwa uji hipotesis data hasil belajar dengan Wilcoxon Match Pairs Test memperoleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan uji hipotesis kemampuan berpikir kritis dengan uji t memperoleh nilai 0,000 (< 0,05). Hal tersebut, dapat diartikan ada pengaruh media 3D Anatomy and Physiology berbasis Lesson Study terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kegiatan Lesson Study yang dilakukan dalam penelitian, terdiri dari tahap Plan (perencanaan), Do (pelaksanaan), dan See (refleksi) selama 3 kali pertemuan pembelajaran materi sistem sirkulasi. Pengaruh yang ditunjukkan setiap indikator hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa, menunjukkan bahwa peningkatan tertinggi indikator hasil belajar terdapat pada indikator C4 (menganalisis) dan setelahnya pada indikator C1 (mengingat), sedangkan peningkatan terendah terdapat pada indikator C2 (memahami). Selanjtutnya, peningkatan nilai tertinggi indikator kemampuan berpikir kritis siswa terdapat pada indikator dukungan dasar (basic support), sedangkan peningkatan terendah terdapat pada indikator strategi dan taktik (strategy and tactics). Kata Kunci: Media 3D Anatomy and Physiology, Lesson Study, Hasil Belajar, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:13
Last Modified: 18 Jul 2023 07:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9907

Actions (login required)

View Item View Item