MAULIDIN, SAHRUL (2023) PENGARUH MEDIA 3D ANATOMY AND PHYSIOLOGY BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Konsep Sistem Sirkulasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (46kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (204kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan.pdf Download (207kB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (8kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (9kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (121kB) |
|
Text
Ucapan Terimakasih.pdf Download (76kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (53kB) |
|
Text
Daftar Tabel.pdf Download (35kB) |
|
Text
Daftar Gambar.pdf Download (35kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (589kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (815kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh media 3D Anatomy and Physiology berbasis Lesson Study terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental dengan sampel menggunakan 35 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan desain penelitian one grup pretest�posttest. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh media 3D Anatomy and Physiology sebagai media pembelajaran dan kegiatan Lesson Study sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi sistem sirkulasi, didapatkan bahwa uji hipotesis data hasil belajar dengan Wilcoxon Match Pairs Test memperoleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan uji hipotesis kemampuan berpikir kritis dengan uji t memperoleh nilai 0,000 (< 0,05). Hal tersebut, dapat diartikan ada pengaruh media 3D Anatomy and Physiology berbasis Lesson Study terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kegiatan Lesson Study yang dilakukan dalam penelitian, terdiri dari tahap Plan (perencanaan), Do (pelaksanaan), dan See (refleksi) selama 3 kali pertemuan pembelajaran materi sistem sirkulasi. Pengaruh yang ditunjukkan setiap indikator hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa, menunjukkan bahwa peningkatan tertinggi indikator hasil belajar terdapat pada indikator C4 (menganalisis) dan setelahnya pada indikator C1 (mengingat), sedangkan peningkatan terendah terdapat pada indikator C2 (memahami). Selanjtutnya, peningkatan nilai tertinggi indikator kemampuan berpikir kritis siswa terdapat pada indikator dukungan dasar (basic support), sedangkan peningkatan terendah terdapat pada indikator strategi dan taktik (strategy and tactics). Kata Kunci: Media 3D Anatomy and Physiology, Lesson Study, Hasil Belajar, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 07:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 07:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9907 |
Actions (login required)
View Item |