Miranti, Mira (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (122kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (220kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (207kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (205kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (211kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (758kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (248kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (908kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII adalah kompetensi dan 3.3. dan 4.3 mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi). Namun pada kenyataannya, masih banyak peserta didik yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) terkait pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Mind Mapping meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur�unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu dalam aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang sudah mencapai KKB sebanyak 18 orang (64%) dan yang belum mencapai KKB sebanyak 10 orang (36%), sedangkan pada siklus kedua semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKB. Pada siklus kesatu dalam aspek keterampilan terdapat peserta didik yang sudah mencapai KKB sebanyak 21 orang (75%), dan yang belum mencapai KKB sebanyak 7 orang (25%), sedangkan pada siklus kedua semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKB. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Artinya model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:33 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9708 |
Actions (login required)
View Item |