PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

KARSIM, KARSIM (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (250kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR DAN LAIN-LAIN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (205kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media flipbook berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dan mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik setelah menggunakan media yang dikembangkan pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang menggunakan model pengembangan 4D (Define-Design-Develop-Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru matematika, 6 orang peserta didik yang diambil dari masing-masing kelas VIII di luar kelas VIII-E, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan 32 orang peserta didik kelas VIII-E SMPN 3 Banjar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, pada tahap Define peneliti menentukan dan mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan di dalam proses pembelajaran serta mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan materi dan media yang akan dikembangkan. Pada tahap Design, peneliti membuat flowchart dan storyboard, merancang instrumen tes kemampuan komunikasi matematis, menyusun lembar validasi ahli materi dan ahli media dan membuat angket respon pengguna baik guru maupun peserta didik. Pada tahap Develop, peneliti menghasilkan produk yang telah dirancang, melakukan uji ahli kepada ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi berada pada kategori “sangat layak digunakan” serta melakukan ujicoba produk kepada 3 orang guru matematika dan 6 orang peserta didik di luar kelas VIII-E dan memperoleh respon positif dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap Disseminate, media pembelajaran flipbook berbasis RME diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 32 orang peserta didik kelas VIII-E dan respon pengguna terhadap media pembelajaran flipbook berbasis RME positif dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan komunikasi matematis, sebanyak 75% peserta didik memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis pada kategori tinggi dan sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa 75% peserta didik mencapai ketuntasan dengan memperoleh nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75 pada kemampuan komunikasi matematis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis RME layak digunakan dan efektif pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Media Flipbook, RM

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:33
Last Modified: 10 Jul 2023 04:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9678

Actions (login required)

View Item View Item