PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI DAN STRUKTUR SERTA MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS EKSPOSISI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Nurul Huda Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Nurazizah, Erma (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI DAN STRUKTUR SERTA MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS EKSPOSISI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Nurul Huda Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (159kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Erma Nurazizah. 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah dan Menyajikan Gagasan dalam Bentuk Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Nurul Huda Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Kurikulum 2013 edisi revisi memuat beberapa kompetensi inti dan kompetensi dasar, salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII SMP/MTs yaitu kompetensi dasar 3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca. 4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer. Struktur teks eksposisi, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks eksposisi yang diperdengarkan atau dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menelaah dan menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII C SMP Nurul Huda Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kesatu, pada aspek pengetahuan 3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca. 21 peserta didik (78%) belum mencapai KKM dan 6 peserta didik (22,2%) telah mencapai KKM. Pada aspek keterampilan 4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer. 22 peserta didik (81%) belum mencapai KKM dan 5 (19%) peserta didik telah mencapai KKM. Pada siklus kedua, kemampuan peserta didik mengalami peningkatan, pada aspek pengetahuan 3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca dan pada aspek keterampilan 4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM yaitu 72. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat mengingkatkan kemampuan menelaah dan menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Nurul Huda Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Mar 2023 02:32
Last Modified: 20 Mar 2023 02:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8930

Actions (login required)

View Item View Item