Hidayanis, Hilma Audina (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (22kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (252kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAFTAR GRAFIK, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (138kB) |
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (153kB) |
|
Text
7. BAB 2.pdf Download (237kB) |
|
Text
8. BAB 3.pdf Download (193kB) |
|
Text
9. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
Text
10. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
Abstract
ABSTRAK Hilma Audina Hidayanis, 2022. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi Serta Menyajikan Data, Gagasan, Kesan dalam Bentuk Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya Tahun Aharan 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonsia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII. Namun pada kenyataanya masih banyak peserta didik yang belum mampu untuk mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yang telah ditetapkan, yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022, serta menyajikan data, gagasan, kesan, dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes yang dilakukan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil pengelohan data yang telah dilakukan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikasi dari siklus I ke siklus II. Pada Siklus I dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi, peserta didik yang telah mencapai SKBM sebanyak 18 orang (58%), sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah SKBM sebanyak 13 orang (42%), sedangkan pada siklus II seluruh peserta didik sebanyak 31 orang (100%) telah mencapai nilai SKBM. Pada siklus I pembelajaran menyajikan data, gagasan, kesan teks deskripsi peserta didik yang memperoleh nilai di bawah SKBM sebanyak 8 orang (26%), sedangkan peserta didik yang telah mencapai SKBM sebanyak 23 orang (74%), dan pada siklus II seluruh peserta didik sebanyak 31 orang (100%) telah mencapai nilai SKBM yang telah ditetapkan. Data tersebut menunjukan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Cooprative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah strukut dan kebahasaan teks deskripsi serta menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Kota Tasikmlaya tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 01:54 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 01:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8718 |
Actions (login required)
View Item |