KORELASI ANTARA KESIAPAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Korelasional Di Kelas X MIPA Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

NURAISYAH, ASTI SITI (2023) KORELASI ANTARA KESIAPAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Korelasional Di Kelas X MIPA Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Lembar Pernyataan.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Asti Siti Nuraisyah. 2022. KORELASI ANTARA KESIAPAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Korelasional Di Kelas X MIPA Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Hasil belajar merupakan aspek penting untuk melihat tingkat keberhasilan, proses dan sejauh mana tercapainya tujuan pembelajaran. Adanya pembelajaran berbasis student center, menyebabkan peserta didik dituntut untuk dapat belajar mandiri, sehingga perlunya kesiapan dan disiplin belajar yang baik dalam menunjang hasil belajar yang maksimal. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kesiapan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA pada mata pelajaran biologi SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif non eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA yang berjumlah 8 kelas dengan total 276 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, alasan penulis menggunakan teknik tersebut yaitu karena populasi dalam penelitian ini dianggap heterogen. Sampel yang dipilih yaitu kelas X MIPA 1 sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket kesiapan belajar sebanyak 27 pernyataan, angket disiplin belajar sebanyak 25 pernyataan dan hasil belajar (kognitif) peserta didik menggunakan skor Penilaian Akhir Tahun (PAT) sebanyak 40 soal. Adapun skala pada angket yang dipakai menggunakan skala likert yang terdiri dari 4 pilihan alternatif jawaban yaitu SS (Sangat Setuju), S (Setuju), TS (Tidak Setuju), dan STS (Sangat Tidak Setuju). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji linearitas, uji multikolinieritas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa; (i) terdapat korelasi antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan kategori kuat, (ii) terdapat korelasi antara disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan kategori cukup kuat, (iii) adanya korelasi antara kesiapan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan kategori kuat serta besarnya kontribusi kesiapan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar 49,6% sedangkan sisanya 50,4% ditentukan oleh variabel lainnya. Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:02
Last Modified: 21 Feb 2023 02:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8688

Actions (login required)

View Item View Item