FITRIYAH, FITRIYAH (2023) STUDI KOMPARATIF PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (194kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (244kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (320kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (239kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (416kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (393kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (405kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (442kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (812kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
Abstract
ABSTRAK Fitriyah. 2023. “Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Jurusan Pendidikan Ekonomi”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah Bimbingan Ai Nur Solihat, S.Pd., M.Pd dan Bakti Widyaningrum S.Pd., M.Pd. Rendahnya Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menjadi Permasalahan yang ada dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) pada Mata Pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Populasi dan sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS, yang berjumlah 108 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan setelah menggunakan Model Pembelajaran PBL (Nilai rata-rata hasil pretest 33,5 dan 82,8 posttest) dan DL (nilai rata-rata pretest 55 dan posttest 84,9). Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis yaitu rata-rata peningkatan sebesar 0.71 pada kelas eksperimen 1 (PBL) dan 0.66 pada kelas eksperimen 2 (DL). Peningkatan kemampuan berpikir kritis yang menggunakan Model Pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan dengan model DL. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning (DL), berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 08:42 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 08:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8549 |
Actions (login required)
View Item |