SANDRA, SASKIA DWI (2022) PENGARUH SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (47kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (185kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (198kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (73kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (155kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (137kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (189kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (371kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Saskia Dwi Sandra. 2022. Skripsi. Pengaruh Self Efficacy dan Self Regulated Learning Terhadap Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar (Survei Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M dan Betanika Nila Nirbita, M.Pd. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan self regulated learning terhadap motivasi belajar serta implikasinya terhadap prestasi belajar. Penelitian termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan desain explanatory. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah 140 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data diperoleh dari penyebaran angket dan dianalisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian dari pengaruh langsung menunjukkan self efficacy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, self regulated learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, self efficacy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,041, self regulated learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,045, motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,040. Kemudian hasil penelitian dari pengaruh tidak langsung menunjukkan self efficacy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan nilai thitung 2,333 > ttabel 1,977, self legulated learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan nilai thitung 4,484 > ttabel 1,977. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu self efficacy dan self regulated learning berpengaruh terhadap prestasi belajar dan secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Kata Kunci: Self Efficacy, Self Regulated Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 00:32 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 00:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8401 |
Actions (login required)
View Item |