PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Nursiami, Alvia (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (75kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (579kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (55kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar & Daftar Isi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
5. Bab 1.pdf

Download (154kB)
[img] Text
6. Bab 2.pdf

Download (243kB)
[img] Text
7. Bab 3.pdf

Download (171kB)
[img] Text
8. Bab 4.pdf

Download (830kB)
[img] Text
9.Bab 5.pdf

Download (56kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (55kB)

Abstract

ABSTRAK Alvia Nursiami. 2022. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita dan Menyimpulkan Isi Teks Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs berdasarkan Kurikulum 2013 revisi yang termuat dalam kompetensi dasar 3.1 Mengindentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca, dan 4.1 Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar. Meskipun demikian penguasaan teks berita oleh peserta didik belum sesuai dengan harapan. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode peneltian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan angket. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I, diketahui bahwa dalam kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita peserta didik yang sudah mencapai kriteria ketuntasan belajar (KKB) sebanyak 19 orang (59%), sedangkan yang belum mencapai kriteria ketuntasan belajar (KKB) sebanyak 13 orang (41%) dan pada siklus II semua peserta didik yang berjumlah 32 orang (100%) sudah mencapai kriteria ketuntasan belajar (KKB). Kemampuan menyimpulkan isi teks berita pada siklus I peserta didik yang sudah mencapai kriteria ketuntasan belajar (KKB) sebanyak 15 orang (47%), sedangkan yang belum mencapai kriteria ketuntasan belajar (KKB) sebanyak 17 orang (53%) dan pada siklus II semua peserta didik yang berjumlah 32 orang (100%) sudah mencapai kriteria ketuntasan belajar (KKB). Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa W(hitung) (2) dan (0) < W(tabel) 126,25 dalam taraf 0,05. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:59
Last Modified: 07 Feb 2023 03:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8357

Actions (login required)

View Item View Item