PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI INTERAKSI KERUANGAN DESA KOTA (Studi Eksperimen di Kelas XII-IPS SMA Karya Pembangunan Ciwidey Pasirjambu Kabupaten Bandung)

ANGGRAENI, RENI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI INTERAKSI KERUANGAN DESA KOTA (Studi Eksperimen di Kelas XII-IPS SMA Karya Pembangunan Ciwidey Pasirjambu Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (99kB)
[img] Text
LEMBARAN PENGESAHAN..pdf

Download (174kB)
[img] Text
lembarn pernyataan.pdf

Download (154kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (174kB)
[img] Text
ucapan terima kasih.pdf

Download (177kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RENI ANGGRAENI 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan pada Mata Pelajaran Geografi Materi Interaksi Keruangan Desa Kota (Studi Eksperimen di Kelas XII-IPS SMA Karya Pembangunan Ciwidey Pasirjambu Kabupaten Bandung), Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pengetahuan peserta didik terhadap lingkungan dan kurangnya sikap peduli terhadap permasalahan�permasalahan yang terjadi lingkungan sekitar baik tempat belajar mereka maupun lingkungan tempat tinggal peserta didik yang menyebabkan semakin bertambahnya pencemaran lingkungan terutama lingkungan sekolah dan tempat tinggal peserta didik. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pengetahuan lingkungan siswa kelas XII-IPS SMA Karya Pembangunan Ciwidey Pasirjambu? (2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas XII-IPS SMA Karya Pembangunan Ciwidey Pasirjambu? Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi, Kuisioner, Tes, Wawancara, Dokumentasi dan Studi Literatur. Sampel penelitian ini sebanyak 53 orang siswa kelas XII-IPS dan 2 orang sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengolahan dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik berupa regresi sederhana. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji instrumen, yaitu uji validitas dan uji reabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diketahui bahwa langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran problem based learning (PBL) pada Mata Pelajaran Geografi materi interaksi keruangan desa dan kota pada siswa kelas XII-IPS SMA Karya Pembangunan Ciwidey Pasirjambu yaitu: menjelaskan tujuan pembelajaran, mengkondisikan siswa untuk belajar, membagi kedalam kelompok kecil, menentukan dan membagikan permasalahan lingkungan, mencari informasi terkait permasalahan, menentukan solusi permasalahan, menarik kesimpulan. Model pembelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap pengetahuan lingkungan siswa kelas XII-IPS SMA KP Ciwidey Pasirjambu, yaitu semakin baik penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL), maka semakin tinggi tingkat pengetahuan lingkungan dan berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan siwa kelas XII-IPS SMA Karya Pembangunan Ciwidey Pasirjambu. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Pengetahuan Lingkungan, Sikap Peduli Lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:00
Last Modified: 05 Jan 2023 08:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8067

Actions (login required)

View Item View Item