PENGARUH BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI (Studi Eksperimen di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Pada Materi Sistem Ekskresi)

FAUZIAH, NUR (2022) PENGARUH BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI (Studi Eksperimen di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Pada Materi Sistem Ekskresi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN NUR FAUZIAH.pdf

Download (241kB)
[img] Text
NUR FAUZIAH PERNYATAAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR NUR FAUZIAH.pdf

Download (293kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH NUR FAUZIAH 1.pdf

Download (705kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (800kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK NUR FAUZIAH 2022. PENGARUH BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI (Studi Eksperimen di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Pada Materi Sistem Ekskresi). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning menggunakan quipper school terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 sampai bulan November 2022. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian the nonequivalent control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 181 peserta didik dan sampel yang digunakan 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penetuan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah dengan dipilih secara random dengan menuliskan kelas XI MIPA 5 dan kelas XI MIPA 3, kemudian kertas tersebut digulung dan gulungan tersebut diambil. Hasilnya yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pilhan majemuk untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Ekskresi Manusia sebanyak 29 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independen. Berdasarkan hasil penelitian, hasil pengolahan data, dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa blended learning menggunakan quipper school pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang signifikan. Kata Kunci : Blended Learning, Quipper School, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi Manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2022 00:53
Last Modified: 30 Dec 2022 00:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8000

Actions (login required)

View Item View Item