Effendi, Rizky Maudy (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
0. Cover Skripsi.pdf Download (73kB) |
|
Text
0. Cover Skripsi.pdf Download (73kB) |
|
Text
lembar pengesahan rizky.pdf Download (159kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN RIZKY.pdf Download (167kB) |
|
Text
3. ABSTRAK SKRIPSI KIKI.pdf Download (92kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf Download (84kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
6. BAB I PENDAHULUAN PUISI HASIL REVISI.pdf Download (113kB) |
|
Text
7. BAB II LANDASAN TEORETIS REVISI.pdf Download (242kB) |
|
Text
8. BAB III METODOLOGI PENELITIAN REVISI-3.pdf Download (211kB) |
|
Text
9. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN revisi -1.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text
10. BAB V SIMPULAN DAN SARAN-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA REVISI.pdf Download (98kB) |
|
Text
12. RIWAYAT HIDUP (SKRIPSI).pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
Abstract
ABSTRAK Rizky Maudy Effendi. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Menganalisis dan Menulis Puisi dengan Memperhatikan Unsur Pembangunnya (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Berdasarkan Permendikbud Nomor 37 tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 revisi untuk peserta didik SMA kelas X salah satu kompetensi dasar dari kompetensi inti, yakni 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi dan 4.17 Menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Pada kurikulum 2013 melalui pelajaran Bahasa Indonesia, diharapkan peserta didik mampu berkomunikasi dengan baik melalui lisan maupun tulis dengan menggunakan kaidah bahasa yang tepat sesuai dengan situasi yang tepat. Berdasarkan hal tersebut, penulis melaksanakan penelitian eksperimen untuk mengetahui keberpengaruhan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kompetensi menganalisis dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil pengolahan data statistika, penulis memperoleh gambaran bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat memberikan hasil yang positif. Hal tersebut juga dapat dilihat dari perolehan rata-rata nilai tes awal (pre-test) dan tes akhir (pos-test) di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai tes awal (pre-test) di kelas eksperimen pada KD 3.17 mencapai nilai 23,5 dan KD 4.17 mencapai nilai 63,36, serta rata-rata nilai tes awal (pre-test) di kelas kontrol pada KD 3.17 mencapai nilai 21,81 dan KD 4.17 mencapai nilai 61,83. Sedangkan perolehan rata-rata nilai tes akhir (pos-test) di kelas eksperimen pada KD 3.17 mencapai nilai 80 dan KD 4.17 mencapai nilai 90,5, serta rata-rata rata nilai tes akhir (pos-test) di kelas kontrol pada KD 3.17 mencapai nilai 57,20 dan KD 4.17 mencapai nilai 84,64. Pada tahap analisis data statistik, penulis melakukan uji normalitas berdasarkan perolehan nilai tes awal (pre-test) dan tes akhir (pos-test) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji normalitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan sebaran data yang berdistribusi tidak normal sehingga penulis melanjutkan dengan uji wilcoxon. Hasil dari uji wilcoxon menunjukkan data nilai kedua kelompok yang dihitung secara statistik, diperoleh hasil Whitung = 0 < Wtabel = 169,06. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Maka dari itu, hipotesis yang telah disusun penulis terbukti atau dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 04:25 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 04:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7413 |
Actions (login required)
View Item |