PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Lestari, Vina (2022) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (159kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (487kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (182kB)
[img] Text
kata pengantar dftr isi dll.pdf

Download (252kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (118kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (161kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Vina Lestari, (2022). Pengaruh Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Penelitian kepada siswa kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Suherti, M.M dan Gugum Gumilar, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik yang cukup rendah bahkan dibawah nilai KKM yang sudah ditetapkan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata - rata setiap kelas kurang dari batas minimal nilai yang sudah ditetapkan adalah 73. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar. Penelitain ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei dengan desain yaitu survey eksplanatori. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022 berjumlah 180 orang. Adapaun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh sehingga seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y= 10.496 + 0,442 X1 + 0,286 X2 + 0,284 X3. Hasil uji t yaitu X1 thitung = 7,638, X2 = 4,332 ,dan X3 = 6,009 , dimana thitung > ttabel 1,973 artinya Ho ditolak Ha diterima. Pengaruh secara simultan sebesar Fhitung 100,867 > 2,66 dan nilai signifikasi 0,00 atau kurang dari taraf signifikasi 0,05 artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi pengaruh kesiapan belajar, disiplin belajar, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar sebesar 63,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:16
Last Modified: 09 Nov 2022 04:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7265

Actions (login required)

View Item View Item