ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TENTANG PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Praktik Jual Beli di UKM Mart Koperasi Bina Warga Sejahtera Teluk Pucung Bekasi)

Lestari, Intan Dwi (2022) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TENTANG PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Praktik Jual Beli di UKM Mart Koperasi Bina Warga Sejahtera Teluk Pucung Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (242kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (578kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (776kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (886kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (869kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (487kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)

Abstract

ABSTRAK Intan Dwi Lestari, 2022, Analisis Persepsi Konsumen Tentang Penerapan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Praktik Jual Beli di UKM Mart Koperasi Bina Warga Sejahtera Teluk Pucung Bekasi). Praktik jual beli diperbolehkan hukumnya dalam ajaran Islam. Namun, terdapat aturan dan batasan yang harus dipahami berupa prinsip-prinsip etika bisnis Islam, baik bagi penjual maupun pembeli. Menurut hasil observasi, UKM Mart merupakan salah satu minimarket yang ramai dikunjungi karena telah menarik minat para konsumen. Sementara itu, peneliti menemukan praktik jual beli menyimpang yang dilakukan oleh UKM Mart Koperasi Bina Warga Sejahtera Teluk Pucung Bekasi. Praktik menyimpang tersebut adalah permasalahan dalam uang kembalian yang disebabkan oleh penentuan harga produk-produknya. Dalam hal ini, setiap konsumen yang mengunjungi UKM Mart pasti memiliki persepsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dilakukannya penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen tentang penerapan etika bisnis Islam pada praktik jual beli di UKM Mart Koperasi Bina Warga Sejahtera Teluk Pucung Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan peneliti meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun informan utama pada penelitian ini adalah 30 orang konsumen UKM Mart Koperasi Bina Warga Sejahtera Teluk Pucung Bekasi. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara pada uji kredibilitas datanya menggunakan triangulasi teknik dan bahan referensi pendukung. Dalam menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan tiga teknik, yakni teknik reduksi, penyajian, dan diakhiri dengan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa konsumen mempersepsikan praktik jual beli di UKM Mart Koperasi Bina Warga Sejahtera Teluk Pucung Bekasi sudah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Prinsip yang diterapkan meliputi prinsip kesatuan pada bidang sosial (tolong-menolong) dan ekonomi (ijab kabul), prinsip keseimbangan pada aspek pelayanan, prinsip kehendak bebas pada aspek kebebasan konsumen, prinsip tanggung jawab pada aspek kondisi produk, serta prinsip kebenaran berupa kebajikan dan kejujuran pada aspek kebenaran tentang produk dan iklannya. Namun, belum sepenuhnya menerapkan prinsip kesatuan pada bidang agama (ibadah), prinsip keseimbangan pada aspek kesesuaian harga dan pemberian hak konsumen, prinsip kehendak bebas pada aspek menentukan keuntungan, serta prinsip tanggung jawab pada aspek penentuan harga dan pemberian bukti pembelian. Kata Kunci: Persepsi Konsumen, Etika Bisnis Islam, Praktik Jual Beli

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:21
Last Modified: 30 Sep 2022 03:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6856

Actions (login required)

View Item View Item