Rosalinda, Raisa (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER RAISA REVISI.pdf Download (23kB) |
|
Text
2. ABSTRAK DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (289kB) |
|
Text
3. KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (407kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
|
Text
9. BAB III LANJUTAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (966kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstract
Mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun, kenyataannya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 20192/2020 banyak yang belum mampu mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Talking Stick meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2019/2020 dan mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Talking Stick meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan wawancara. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan hasil pengolahan data, penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan, pada siklus I terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 24 orang (75%), dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 8 orang (25%). Pada siklus II, peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 13 orang (40,62%), dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 19 orang (59,38%). Pada siklus III, semua peserta didik memperoleh nilai diatas KKM (100%). KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Manonjaya untuk kelas VIII adalah 75. Data di atas menunjukan bahwa hipotesis tindakan diterima. Artinya, model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsurunsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 04:01 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 04:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6838 |
Actions (login required)
View Item |