WANGI, GALUH (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI TEORI BELAJAR VAN HIELE (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 9 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (158kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, TABLE, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (900kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (339kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (897kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
Abstract
ABSTRAK GALUH WANGI. 2014. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Belajar Van Hiele (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 9 Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar ditinjau dari teori belajar Van Hiele dan mendeskripsikan penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar ditinjau dari teori belajar Van Hiele. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan triangulasi berupa pemberian soal tes, wawancara secara semi-terstruktur dan menulis catatan lapangan. Instrumen utama dalam penelitian ini peneliti sendiri dengan instrumen bantuan lainnya soal tes, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini peserta didik kelas IX SMP Negeri 9 Tasikmalaya yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Teknik analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini sebanyak 14 peserta didik berada di tingkat 0 dan 16 peserta didik berada di tingkat 1. Peserta didik banyak melakukan kesalahan data dengan tidak menuliskan apa yang di dapat dari soal dan tidak menuliskan satuan, kesalahan menginterpretasikan bahasa karena tidak memahami maksud dan tujuan dari soal tersebut, serta kesalahan menggunakan teorema atau definisi sehingga salah dalam perhitungan. Kata kunci: kesalahan, bangun ruang sisi datar, teori belajar Van Hiele
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:33 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6646 |
Actions (login required)
View Item |