PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/ 2019)

Puspita, Nafa (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/ 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (291kB)
[img] Text
11. BAB III baruuu.pdf

Download (553kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Masalah penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa dengan menggunakan model role playing dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS. Berdasarkan hasil pengujian normalitas dan homogenitas, diketahui bahwa keduanya tersebut memiliki data yang berdistribusi normal dan varians homogeny, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dan uji independent sampel ttest serta effect size . Dari hasil pengujian uji paired sampel t-test dan uji independent sampel t-test serta effect size uji hipotesis menunjukan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Maka model pembelajaran role playing dengan menggunakan alat peraga lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa di MAN 3 Kota Tasikmalaya dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dengan nilai mean defference sebesar 0,08115 atau meningkat sebesar 0,8%. Keefektifan dari model pembelajaran role playing dibuktikan dengan diperoleh nilai effect size sebesar 0, 861atau 86,1% nilai tersebut berkategori sangat besar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Aug 2019 07:53
Last Modified: 30 Aug 2019 07:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item