STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL PADAYUNGAN BERBASIS EKONOMI UMAT DI KOTA TASIKMALAYA

Purnamasari, Dwi (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL PADAYUNGAN BERBASIS EKONOMI UMAT DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAE.pdf

Download (440kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (601kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Purnamasari. 2022. Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Padayungan Berbasis Ekonomi Umat di Kota Tasikmalaya. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Ekonomi umat adalah para pelaku usaha kecil yang menempati kios atau warung dengan keberadaannya dapat berpengaruh terhadap kesejahteraan umat itu sendiri serta menjadi tolak ukur pertumbuhan ekonomi bagi daerah setempat. Salah satu tempat yang digunakan umat untuk melakukan kegiatan ekonomi adalah pasar tradisional yang memiliki banyak peran dalam mendistribusikan produk yang dilakukan oleh pedagang, pemasok serta pembeli dan mayoritas para pelakunya adalah umat muslim. Saat ini, pasar tradisional Padayungan menghadapi berbagai persaingan dengan pasar modern dan pasar online, bahkan dengan warung pemukiman. Meskipun telah dilakukan renovasi oleh Dinas Perindag pada tahun 2016 tapi tidak berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi di pasar tersebut. Karena peranan pasar tradisional yang penting bagi ekonomi umat, maka pasar Padayungan memerlukan strategi agar dapat berkembang dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal serta strategi pengembangan pasar Padayungan berbasis ekonomi umat dengan pendekatan SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Responden penelitiannya yaitu Dinas Perindag, UPTD Pasar Resik I Pasar Padayungan, pedagang dan pembeli. Teknik analisis data yang digunakan adalah matriks IFAS, matriks EFAS, matriks SWOT, serta reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor IFAS Pasar Padayungan sebesar -0,281 dengan kekuatan utamanya adalah ketersediaan transportasi umum dan kelemahan utama adalah ketersediaan varian produk. Sedangkan skor EFAS sebesar 1,347 dengan peluang utama adalah lokasi pasar di lingkungan padat penduduk, sedangkan ancaman utama adalah persaingan dengan pasar online. Maka, Pasar Padayungan berada di posisi kuadran II yaitu menghadapi berbagai ancaman, tetapi masih memiliki kekuatan internal. Dan alternatif strateginya adalah strenght-threat yaitu dengan optimalisasi retribusi untuk meningkatkan loyalitas pedagang, optimalisasi kios dengan bekerja sama dengan pemilik kios dan pedagang, bermitra dengan Lembaga Keuangan Syariah (LKS), bergabung di marketplace dan mengadakan pelatihan dan pembinaan kepada pedagang. Kata kunci: strategi, pengembangan pasar tradisional, ekonomi umat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:16
Last Modified: 19 Jul 2022 07:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6435

Actions (login required)

View Item View Item