PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING MURDER ( MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, AND REVIEW ) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)

PAHIRA PANI, HARNI (2019) PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING MURDER ( MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, AND REVIEW ) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2.. Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (96kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (256kB)
[img] Text
9. BAB III..pdf

Download (458kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

Fokus permasalahan pada penelitian mengenai pemahaman peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Tasikmalaya pada konsep ekonomi. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik belajar dengan menggunakan model Collaborative MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, and Review). Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen. Populasinya seluruh peserta didik kelas XI IPS sebanyak 42 orang. Sampel penelitian menggunakan seluruh populasi peserta didik kelas XI IPS. Sampel diambil dengan teknik sample jenuh sebab kurang dari 50 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis dan teknik observasi. Teknik analisis datanya menggunakan paired t-test dan independent t-test. Berdasarkan hasil uji t-test dan uji effect size menunjukan bahwa nilai signifikasi menunjukan angka yang lebih dari nilai probabilitas 0,05, yakni 0,000 < 0,05 dan nilai effect size sebesar 37,3%, artinya terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model Collaborative Learning MURDER dengan peserta didik yang belajar dengan model konvensional. Kata kunci: Collaborative, Learning, MURDER, Pemahaman, Konsep

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Aug 2019 07:35
Last Modified: 30 Aug 2019 07:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item