PAHIRA PANI, HARNI (2019) PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING MURDER ( MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, AND REVIEW ) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (16kB) |
|
Text
2.. Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf Download (96kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (226kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (256kB) |
|
Text
9. BAB III..pdf Download (458kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
Abstract
Fokus permasalahan pada penelitian mengenai pemahaman peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Tasikmalaya pada konsep ekonomi. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik belajar dengan menggunakan model Collaborative MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, and Review). Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen. Populasinya seluruh peserta didik kelas XI IPS sebanyak 42 orang. Sampel penelitian menggunakan seluruh populasi peserta didik kelas XI IPS. Sampel diambil dengan teknik sample jenuh sebab kurang dari 50 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis dan teknik observasi. Teknik analisis datanya menggunakan paired t-test dan independent t-test. Berdasarkan hasil uji t-test dan uji effect size menunjukan bahwa nilai signifikasi menunjukan angka yang lebih dari nilai probabilitas 0,05, yakni 0,000 < 0,05 dan nilai effect size sebesar 37,3%, artinya terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model Collaborative Learning MURDER dengan peserta didik yang belajar dengan model konvensional. Kata kunci: Collaborative, Learning, MURDER, Pemahaman, Konsep
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Aug 2019 07:35 |
Last Modified: | 30 Aug 2019 07:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/641 |
Actions (login required)
View Item |