PENGARUH PENGGUNAAN WEB BASED APPLICATION NEARPOD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

ARYANI, PUTRI INDRI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN WEB BASED APPLICATION NEARPOD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL DAN DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (143kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (95kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (645kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (429kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK PUTRI INDRI ARYANI. 2021. Pengaruh Penggunaan Web-based Application Nearpod Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan web-based application nearpod sebagai media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran jarak jauh dan pengaruh penggunaan web-based application nearpod sebagai media pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar matematika pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan post test only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Tasikmalaya dengan sampel penelitian kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol, dimana sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis dan angket motivasi belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan statistika non-parametrik mann whitney test untuk membandingkan median dari dua kelompok tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukan penggunaan Nearpod mendorong partisipasi peserta didik serta membantu guru memonitoring aktivitas belajar peserta didik secara real-time selama pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan uji hipotesis pertama menunjukan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan web-based application nearpod sebagai media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan uji hipotesis kedua menunjukan motivasi belajar matematika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan web-based application nearpod sebagai media pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar matematika pada pembelajaran jarak jauh. Kata kunci : Nearpod, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:42
Last Modified: 07 Jul 2022 01:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6266

Actions (login required)

View Item View Item