Chika Nuroktaviani, Cucu (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN BANTUAN MEDIA POWER POINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Prakarya/Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (115kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI, GAMBAR DAN TABEL.pdf Download (97kB) |
|
Text
bab 1-5 FINAL FIX YA ALLAH.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan Model Pembelajaran Treffinger dengan bantuan Media Powerpoint di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan populasi penelitian sebanyak 109 siswa yang terbagi atas 3 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling purposive. Instrumen penelitian berupa tes berjumlah 15 butir soal berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 23.00. Hasil perhitungan uji paired sample t test dan uji independen sample t test kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai sama yaitu signifikan Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 dan lebih kecil dari taraf signifikan 5% atau 0,05. Sedangkan efek size yang diberikan model pembelajaran treffinger sebesar 0,906. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran treffinger dengan bantuan media power point sebelum dan sesudah perlakuan Kata Kunci : Berpikir, Kreatif, Model, Pembelajaran, Treffinger
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 04:46 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 04:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/620 |
Actions (login required)
View Item |