Widiawati, Widiawati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATID READING COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA CERPEN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
0. Cover.pdf Download (205kB) |
|
Text
1. ABSTRAK & Lembar Pengesahan.pdf Download (470kB) |
|
Text
2. KATA PENGANTAR & Daftar Isi.pdf Download (333kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (310kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Download (364kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Download (753kB) |
|
Text
6. BAB IV FIKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (186kB) |
Abstract
ABSTRAK Widiawati. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menceritakan Kembali Teks Ulasan tentang Kualitas Karya Cerpen (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik SMP kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 revisi (Depdiknas dalam Kemendikbud, 2017: 8) yaitu kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan. Akan tetapi, kenyataan di sekolah masih banyak peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti kabupaten Ciamis tahun pelajaran 2019/2020 belum memiliki kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan. Rumusan masalah penelitian ini antara lain: 1) Berpengaruh secara sigifikankah model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti kabupaten Ciamis tahun pelajaran 2019/2020? 2) Berpengaruh secara sigifikankah model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan menceritakan kembali teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh kesignifikanan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti kabupaten Ciamis tahun pelajaran 2019/2020; 2) mengetahui pengaruh kesignifikanan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan menceritakan kembali teks pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis tahun pelajaran 2019/2020. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan uji statistik, menggunakan uji t pada kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan diperoleh hasil t hitung = 2,05 > t tabel (0,05) (taraf signifikansi 5%) = 2,021 dan pada kemampuan menceritakan kembali teks ulasan t hitung = 2,97 > t tabel (0,05) (taraf signifikansi 5%) = 2,021. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran CIRC dalam mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran CIRC. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali teks ulasan tentang kualitas karya cerpen pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:07 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5507 |
Actions (login required)
View Item |