ANALISIS PROSES BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK DALAM MENGKONSTRUKSI PENGETAHUAN BARU DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI DAN KINESTETIK

KURNIATI, NINA SITI (2020) ANALISIS PROSES BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK DALAM MENGKONSTRUKSI PENGETAHUAN BARU DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI DAN KINESTETIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER-NINA 188102017.pdf

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK-NINA 182102017.docx.pdf

Download (9kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN-NINA 188102017.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN-NINA 188102017.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB 1-NINA 182102017.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB 2-NINA 182102017.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB 3-NINA 182102017.docx.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 4-NINA 182102017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5-NINA 182102017.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK NINA SITI KURNIATI. 2020. Analisis Proses Berpikir Spasial Peserta Didik Dalam Mengkonstruksi Pengetahuan Baru Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual, Auditori Dan Kinestetik. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses berpikir spasial peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuan baru ditinjau dari gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dimulai dari pemberian soal berpikir spasial, angket gaya belajar dan melaksanakan wawancara. Sumber dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya, dan pemilihan subjek dengan melakukan eksplorasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses berpikir spasial peserta didik dengan gaya belajar visual (S6) konstruksi pengetahuannya didominasi oleh proses asimilasi karena kepekaanya terhadap gambar dan warna yang memudahkannya melakukan visualisasi, baik dengan cara mengkonstruksi atau membayangkan bentuk dari suatu objek geometri yang dipandang dari sudut pandang tertentu pada unsur alat representasi, tetapi pada tahap akhir penyelesaiannya ia melakukan kesalahan perhitungan. Peserta didik dengan gaya belajar auditori (S9) konstruksi pengetahuan barunya melalui proses asimilasi dan akomodasi, karena kesulitan untuk melakukan visualisasi pada unsur alat representasi dan melakukan kesalahan perhitungan pada langkah terakhir, tetapi proses penyelesaiannya dilakukan dengan sistematis. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik (S7) konstruksi pengetahuan barunya melalui proses asimilasi dan akomodasi, karena mengalami kesulitan dalam melakukan visualisasi, untuk memperoleh stategi penyelesaian ia membuat media yang memudahkannya melakukan visualisasi pada unsur alat representasi. Kata kunci: Proses Berpikir Spasial, Konstruksi Pengetahuan Baru, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:04
Last Modified: 04 Apr 2022 02:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5295

Actions (login required)

View Item View Item