PROSES ARGUMENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL OPEN ENDED BERDASARKAN GENDER

FITRIYYAH, ROUDHOTUL (2021) PROSES ARGUMENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL OPEN ENDED BERDASARKAN GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (91kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB 2 (LANDASAN TEORITIS).pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB 3 (PROSEDUR PENELITIAN).pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB 4 (HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
BAB 5 (SIMPULAN DAN SARAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

Proses argumentasi merupakan kecakapan dalam memberikan pandangan/alasan yang didukung oleh data dan melalui proses berfikir yang logis. Setiap siswa memiliki proses berargumentasi yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses argumentasi matematis peserta didik berdasarkan gender dengan indikator Toulmin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan argumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan argumentasi persamaan linear dua variabel. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Cikarang Utara berjumlah enam orang, yaitu tiga peserta didik laki-laki dan tiga peserta didik perempuan. Teknik analisis data melalui data reduction, data display, dan verification. Kesimpulan penelitian ini adalah peserta didik laki-laki dalam berargumentasi mampu memberikan claim dengan baik, tetapi tidak dapat memenuhi indikator selanjutnya. Peserta didik laki-laki cenderung ceroboh dalam mengerjakan soal dan tidak teliti. Sedangkan peserta didik perempuan dalam berargumentasi mampu memenuhi semua indikator argumentasi Toulmin dan cenderung teliti dalam mengerjakan soal. Kata kunci: proses argumentasi matematis, persamaan linear dua variabel, gender

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:46
Last Modified: 03 Jan 2022 03:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item