ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE

SYARIFAH, NADA ZULAFI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (481kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (310kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

ABSTRAK NADA ZULAFI SYARIFAH, 2020. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Tipe Kepribadian Big Five. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian Big Five. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, metode case study dengan mengeksplorasi secara mendetail terhadap subyek penelitian yang diambil dari peserta didik kelas VIII G di SMP Negeri 1 Banjar dengan pertimbangan yang mengerjakan semua indikator tes kemampuan representasi matematis pada masing-masing tipe kepribadian Big Five dan bisa memberikan informasi yang lebih pada saat melakukan wawancara. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan representasi matematis, angket tipe kepribadian Big Five dan wawancara tidak terstruktur. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Kemudian menganalisis hasil lembar tes The Big Five Inventory (BFI) dan wawancara untuk mengecek dan menggali lebih dalam mengenai tipe kepribadian masing�masing peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan representasi matematis pada peserta didik yang memiliki tipe kepribadian Big Five kategori extraversion dan agreeableness dapat membuat sketsa gambar dengan benar (indikator representasi visual), dapat menyelesaikan permasalahan dengan terlebih dahulu membuat simbol atau model matematika (indikator representasi simbolik atau ekspresi), dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan menggunakan kata-kata atau bahasa sendiri dengan menuliskan perhitungan dan menemukan hasilnya secara rinci sampai menuliskan kesimpulannya (indiaktor representasi verbal). Peserta didik yang memiliki tipe kepribadian Big Five kategori oppeness dan neuroticism dapat menyelesaikan permasalahan dengan terlebih dahulu membuat simbol atau model matematika (indikator representasi simbolik atau ekspresi), dapat menyelesaikan permasalahan menggunakan kata-kata atau bahasa sendiri dengan menuliskan perhitungan dan menemukan hasilnya secara rinci sampai menuliskan kesimpulannya (representasi verbal), namun gagal membuat sketsa gambar (indikator representasi visual) Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Tipe Kepribadian Big Five.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:40
Last Modified: 27 Dec 2021 04:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3737

Actions (login required)

View Item View Item