LUSMAYANTI, NINA (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII Mts Al-Munawwar Cikoneng Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
3 KATA PENGANTAR.pdf Download (109kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (421kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (620kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (529kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Pada model Problem Based Learning (PBL) peserta didik aktif dan diberi kesempatan untuk membangun sendiri pengetahuan dengan bantuan guru sebagai fasilitator. Sedangkan pada pembelajaran langsung, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, guru lebih dominan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematik peserta didik. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas VIII MTs Al-munawwar Cikoneng pada materi lingkaran. Dua kelas diambil sebagai sampel, kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Terpilih kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diambil secara random menurut kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman matematika sebagai pretes dan postes. ). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan menggunakan taraf nyata pengujian α = 5%. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari peningkatan kemampuan pemahaman matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung. Skor tes kemampuan pemahaman matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Laerning (PBL) sebanyak 24 orang atau 88.89% peserta didik yang memenuhi KKM. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemahaman Matmatik Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 09:14 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 09:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/298 |
Actions (login required)
View Item |