PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/ 2018)

DERATAMA, DEVI (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/ 2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. 1DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
5. BAB I PENDAHULUAN ANCOVA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
6. BAB II LANDASAN TEORETIS ANCOVA Revisi.pdf

Download (523kB)
[img] Text
7. BAB III PROSEDUR PENELITIAN ANCOVA Revisi.pdf

Download (670kB)
[img] Text
8. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ANCOVA Revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
9. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan proses sains dasar dan hasil belajar peserta didik pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai dengan bulan April 2018 di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperiment dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya, sebanyak 8 kelas dengan jumlah siswa 299 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan proses sains dasar peserta didik, digunakan instrument berupa tes keterampilan proses sains dasar berjumlah 12 butir soal yang berbentuk uraian dan untuk mengukur hasil belajar peserta didik digunakan instrumen berupa tes hasil belajar berjumlah 30 butir soal yang berbentuk pilihan ganda dengan 5 option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA (Analysis of Covariance). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan proses sains dasar dan hasil belajar peserta didik pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya serta ada hubungan antara keterampilan proses sains dasar dan hasil belajar. Semakin tinggi keterampilan proses sains dasar peserta didik maka akan berdampak pada hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik. Kata Kunci : model problem based learning, keterampilan proses sains dasar, hasil belajar dan sistem pencernaan makanan pada manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:47
Last Modified: 13 Aug 2019 09:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item