ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA BAGDAM COLLECTION KOTA TASIKMALAYA

TUTTOYIBAH, WAFA WAFIAH (2025) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA BAGDAM COLLECTION KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (259kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (71kB)
[img] Text
3. pernyataan.pdf

Download (53kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (221kB)
[img] Text
5. pedoman literasi.pdf

Download (633kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (321kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (237kB)
[img] Text
8. bab 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
9. bab 2.pdf

Download (727kB)
[img] Text
10. bab 3.pdf

Download (369kB)
[img] Text
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (450kB)
[img] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bagdam Collection merupakan salah satu UMKM di bidang busana muslim yaitu mukena, baju koko, dan gamis di Kota Tasikmalaya. Penurunan penjualan yang di alami dari 75 kodi pada tahun 2021 menjadi 52 kodi pada tahun 2024 mencerminkan perlunya strategi pengembangan usaha yang efektif untuk mengatasi tantangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan penjualan pada Bagdam Collection Kota Tasikmalaya. Dengan menggunakan pendekatan SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Dalam melakukan uji kredibilitas peneliti menggunakan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dengan pendekatan SWOT. Berdasarkan analisis IFAS, skor kekuatan sebesar 2,86 lebih besar daripada kelemahan sebesar 1,24, sementara analisis EFAS menunjukkan peluang sebesar 2,49 lebih dominan daripada ancaman sebesar 1,74. Dengan total skor IFAS 4,11 dan EFAS 4,23, Bagdam Collection berada pada posisi kuadran I (nilai koordinat X = 0,81, Y = 0,38), yang menandakan kekuatan internal dan peluang eksternal yang baik. Strategi yang disarankan adalah agresif dengan memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal, seperti memanfaatkan kualitas bahan untuk menjalin kerjasama strategis dengan kemitraan, Bagdam Collection diharapkan mampu meningkatkan daya saing, memperluas pasar, dan memastikan keberlanjutan usahanya. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Usaha, Analisis SWOT, UMKM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Feb 2025 03:19
Last Modified: 18 Feb 2025 03:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15203

Actions (login required)

View Item View Item