PENGARUH MODEL READING, MIND MAPPING, AND SHARING (RMS) TERINTEGRASI PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI Fisika SMA Negeri 1 Taraju Tahun Ajaran 2023/2024)

FADILAH, WIDYA NURUL (2024) PENGARUH MODEL READING, MIND MAPPING, AND SHARING (RMS) TERINTEGRASI PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI Fisika SMA Negeri 1 Taraju Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
04. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
05. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf

Download (196kB)
[img] Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (82kB)
[img] Text
08. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (74kB)
[img] Text
09. DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (568kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (932kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi serta peserta didik kesulitan dalam memahami konsep gelombang bunyi. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) yang diintegrasikan dengan kegiatan praktikum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) terintegrasi praktikum terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design sebagai desain penelitian. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI Fisika SMA Negeri 1 Taraju 4 kelas dengan jumlah sebanyak 128 peserta didik. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling diambil sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI Fisika 3 sebagai kelas eksperimen dan XI Fisika 1 sebagai kelas kontrol. Keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik diukur menggunakan soal uraian pada materi gelombang bunyi yang diberikan sebelum pemberian perlakuan (pretest) dan sesudah pemberian perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang digunakan melibatkan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis dan perhitungan N-Gain. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:21
Last Modified: 12 Feb 2025 08:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15127

Actions (login required)

View Item View Item