INVESTIGATING EFL STUDENTS’ CHALLENGES IN LEARNING LISTENING SKILL: A CASE STUDY FOR UNIVERSITY STUDENTS

ZULFAJRI, GHIFAR (2024) INVESTIGATING EFL STUDENTS’ CHALLENGES IN LEARNING LISTENING SKILL: A CASE STUDY FOR UNIVERSITY STUDENTS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR REVISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (350kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (246kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran menyimak bahasa Inggris di kelas tentunya tidak selalu berjalan dengan mulus, ada beberapa tantangan yang dirasakan oleh peserta didik dalam mempelajari kemampuan menyimak. Untuk itu, peneliti meneliti tantangan menyimak yang dihadapi oleh mahasiswa EFL serta upaya yang mereka lakukan dalam menyelesaikan tantangan. Untuk mencapai tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif sebagai metode penelitiannya. Selain itu, terdapat dua peserta yang terlibat dalam penelitian ini, mereka adalah mahasiswa pendidikan bahasa Inggris di Tasikmalaya, Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara semi terstruktur. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan tematik analisis dari transkrip wawancara peserta. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tantangan yang biasanya ditemukan dalam menyimak terbagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal, tantangan tersebut dapat dijabarkan diantaranya berkaitan dengan kosa kata asing, anxiety, rekaman terlalu panjang, pronunciation, perbedaan aksen, dan lingkungan belajar. Dari semua tantangan itu mahasiswa EFL memiliki solusi untuk meyelesaikan tantangan, diantaranya dengan membuat catatan, mendengarkan musik melalui Spotify dan menonton film melalui Netflix dan Youtube. Kata kunci: Tantangan menyimak, mahasiswa EFL, Mata kuliah intensive listening

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:27
Last Modified: 12 Feb 2025 07:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15109

Actions (login required)

View Item View Item