KUSUMAH, FEBYL SEIIFHUDAN DJATI (2024) PREFERENSI KONSUMEN RUMAH TANGGA TERHADAP PEMBELIAN BAWANG MERAH (Allium ascolonicum L) DI PASAR CIKURUBUK KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
8. BAB II.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
9. BAB III.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
![]() |
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
![]() |
Text
12. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
Abstract
Bawang merupakan komoditas unggulan dari jenis tanaman hortikultura yang termasuk kedalam kelompok rempah. Bawang berfungsi sebagai bahan tambahan dalam makan dan bawang juga biasanya dipakai sebagai obat tradisional. Keragaman karakteristik yang terdapat pada bawang merah menimbulkan perbedaan preferensi dari konsumen yang kemudian berpengaruh terhadap keputusan akhir pembelian. Preferensi konsumen rumah tangga merupakan pilihan suka atau tidak suka terhadap atribut bawang merah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis Preferensi konsumen berdasarkan sikap konsumen terhadap atribut bawang merah di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, (2) Menganalisis perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut bawang merah di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, (3) Menganalisis Atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian bawang merah Di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan penentuan responden menggunakan accidental sampling, berjumlah 100 responden konsumen bawang merah untuk keperluan rumah tangga di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Untuk mengetahui perbedaan preferensi, data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Chi-Square (X2 ). Sedangkan untuk mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen bawang merah yakni menggunakan analisis Multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan preferensi konsumen rumah tangga dalam memilih bawang merah yakni pada atribut harga, tingkat kelembaban, ukuran, aroma, kesegaran. Preferensi konsumen bawang merah di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya yaitu harga yang murah dan sedang, tingkat kelembaban yang sedang, ukuran yang sedang, aroma yang agak menyengat, dan kesegaran yang baik. Urutan atribut bawang merah yang paling dipertimbangkan hingga kurang dipertimbangkan oleh konsumen bawang merah yakni kesegaran, tingkat kelembaban, aroma, harga, ukuran. Kata Kunci: Bawang Merah, Konsumen Rumah Tangga, Preferensi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 03:44 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 03:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |