ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI SELF-DIRECTED LEARNING

FADILAH, DEA AULIA NUR (2024) ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI SELF-DIRECTED LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (181kB)
[img] Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
3_SUKET REVISI.pdf

Download (560kB)
[img] Text
4_PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text
5_ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
6_KATA PENGANTAR.pdf

Download (175kB)
[img] Text
7_DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
8_BAB 1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
9_BAB 2.pdf

Download (892kB)
[img] Text
10_BAB 3.pdf

Download (611kB)
[img] Text
11_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
13_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
14_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
15_RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman matematis siswa dalam mengerjakan soal tes pemahaman matematis pada materi persamaan linear satu variabel ditinjau dari self-directed learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu menyebarkan angket self-directed learning, memberikan tes pemahaman matematis, dan melakukan wawancara. Subjek penelitian ditentukan dengan cara purposive, yaitu subjek yang memiliki kategori self-directed learning (kategori tinggi, sedang, rendah) dan dapat memenuhi setiap indikator dalam tes pemahaman matematis terlepas dari jawaban benar atau salah, serta subjek yang dapat memberikan informasi paling lengkap dan jelas. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kategori self-directed learning tinggi (S28) dapat mengerjakan soal dengan jawaban yang runtut, terstruktur, lengkap sampai pada lapisan inventizing, yaitu dapat menemukan konsep baru dalam menjawab pertanyaan. Subjek dengan kategori self-directed learning sedang (S31) dapat mengerjakan soal dengan jawaban yang runtut, terstruktur sampai pada lapisan structuring, yaitu dapat mengaitkan hubungan antara teorema satu dengan yang lain. Subjek dengan kategori self-directed learning rendah (S6) dapat mengerjakan soal tetapi tidak tuntas hanya sampai pada lapisan image making, yaitu membuat pemahaman awal dengan menggambarkan sketsa permasalahan. Kata kunci: Pemahaman Matematis, Self-Directed Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:35
Last Modified: 31 Jan 2025 03:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15033

Actions (login required)

View Item View Item