PENGARUH GROWTH MINDSET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei terhadap Siswa Kelas XII F1-F3 Mata Pelajaran Ekonomi di SMANegeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025)

Ramadhanti, Adinda Nur (2024) PENGARUH GROWTH MINDSET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei terhadap Siswa Kelas XII F1-F3 Mata Pelajaran Ekonomi di SMANegeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (181kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (129kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (134kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (364kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang dipicu oleh kurangnya antusiasme siswa terhadap materi pelajaran ekonomi. Kurang antusiasme siswa terhadap mata pelajaran ekonomi berdampak pada rendahnya partisipasi aktif siswa dalam proses pelajaran, mengurangi pemahaman terhadap materi mata pelajaran ekonomi dan pada akhirnya berujung pada hasil belajar yang kurang memuaskan pada mata pelajaran ekonomi. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan konsep growth mindset dan motivasi belajar dalam proses pembelajaran di mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh growth mindset dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode survei dengan desain eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII F1-F3 di SMA Negeri 3 Ciamis yang mengambil mata pelajaran ekonomi yang berjumlah 102 orang. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik analisis data digunakan yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara growth mindset terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,004, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan 0,000, dan terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara growth mindset dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000. Kata Kunci : Growth Mindset, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:28
Last Modified: 31 Jan 2025 02:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15023

Actions (login required)

View Item View Item