PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Andriansyah, Resti (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (226kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (919kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (826kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (241kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
7 DAFTAR TABEL.pdf

Download (185kB)
[img] Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (171kB)
[img] Text
9 DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (348kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
17 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 Revisi. Namun, masih banyak peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024 yang belum mampu memenuhi KKM yang telah ditetapkan dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran scramble dalam meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024 dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Hasil pengelolaan data yang dilakukan oleh penulis selama melaksanakan penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada saat proses pembelajaran dan hasil belajar. Pada siklus kesatu peserta didik yang mampu mencapai KKM mengidentifikasi unsur-unsur berjumlah 7 orang (22%) sedangkan yang belum mampu berjumlah 25 orang (78%) sama halnya dengan kemampuan peserta didik dalam menyimpulkan isi teks berita yang mencapai KKM hanya berjumlah 7 orang (22%) dan yang belum mampu 25 orang (78%). Perubahan terjadi pada siklus kedua kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks berita peserta didik mampu mencapai KKM yaitu berjumlah 32 orang (100%) Hasil uji normalitas data nilai mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada siklus kesatu dan kedua menyatakan data berdistribusi tidak normal, oleh sebab itu dilanjutkan dengan uji Wilcoxon untuk menghitung uji beda. Hasil dari uji ini menunjukkan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01). Dengan demikian, hipotesis penelitian dapat diterima model pembelajaran scramble dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jan 2025 04:11
Last Modified: 30 Jan 2025 04:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15001

Actions (login required)

View Item View Item