PENGARUH METODE MEMBACA SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR BUKU DAN MEMBUAT PETA PIKIRAN BUKU FIKSI DAN NONFIKSI YANG DIBACA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 18 KOTA TASIKMALAYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

RAMDHANI, ABDULLAH MUHAMMAD (2024) PENGARUH METODE MEMBACA SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR BUKU DAN MEMBUAT PETA PIKIRAN BUKU FIKSI DAN NONFIKSI YANG DIBACA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 18 KOTA TASIKMALAYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (86kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
7 DAFTAR TABEL.pdf

Download (67kB)
[img] Text
8 DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (54kB)
[img] Text
9 BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf

Download (189kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf

Download (442kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting. Hal ini menjadi fokus perhatian dalam dunia pendidikan karena keterampilan membaca adalah aspek terpenting dalam berbagai pembelajaran. Namun, dalam kegiatan membaca sering dijumpai hambatan yang membuat pembaca kesulitan untuk memahami apa yang dibaca, sehingga penulis tertarik untuk melakukan eksperimen penggunaan metode membaca SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh metode membaca SQ3R terhadap kemampuan menemukan unsur dan membuat peta pikiran buku fiksi dan nonfiksi pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, wawancara, dan tes. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni nilai rata-rata pretest kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 35.00 dengan posttest memperoleh nilai sebesar 92.50. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol pada tahap pretest sebesar 25.83 dengan nilai posttest sebesar 44.58. Hasil uji wilcoxon memperoleh signifikasi 0.001 < 0.05 yang berarti hipotesis dapat diterima. Perolehan nilai penghitungan N-Gain pada kelas eksperimen memperoleh 0.8 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol memperoleh 0.2 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Jan 2025 08:30
Last Modified: 20 Jan 2025 08:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14936

Actions (login required)

View Item View Item