MARDIANA, ROSA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUIZWHIZZER PADA PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
03 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
04 LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
07 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
08 DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
09 BAB I.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
10 BAB II.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
11 BAB III.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
12 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
![]() |
Text
13 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
![]() |
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
15 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Masalah pokok terkait penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan serta perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning type team games tournament (TGT) berbantuan media quizwhizzer dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional setelah perlakuan. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sindangkasih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sindangkasih, menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah peserta didik 72 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganta sebanyak 30 butir soal. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 25 yaitu uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5 % atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning type team games tournament (TGT) berbantuan media quizwhizzer setelah diberikan perlakuan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional setelah diberikan perlakuan. Kata Kunci : Hasil Belajar, TGT, Quizwhizzer
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:04 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |