HASAN, FITROH SAIFUL (2024) HUBUNGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Studi Korelasional di Kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (76kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (50kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (128kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (120kB) |
|
Text
6. UCAPAN.pdf Download (125kB) |
|
Text
7. DAFTAR - DAFTAR.pdf Download (139kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (159kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (317kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (495kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Terdapat berbagai macam faktor yang mampu mendukung upaya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, diantaranya adalah keterampilan metakognitif dan keterampilan generik sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara keterampilan metakognitif dan keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan menggunakan dua variabel bebas berupa keterampilan metakognitif dan keterampilan generik sains, serta satu variabel terikat berupa hasil belajar. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas X-1 sampai kelas X-8 sebanyak 303 orang, kemudian sampel yang digunakan diambil menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 160 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi ganda dan regresi ganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26 for windows. Berdasarkan hasil penelitian terdapat korelasi antara keterampilan metakognitif dan keterampilan generik sains terhadap hasil belajar, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,668. Selain itu diperoleh juga nilai koefisien determinasi sebesar 0,447 yang menunjukkan bahwa kontribusi keterampilan metakognitif dan keterampilan generik sains terhadap hasil belajar sebesar 44,7%, sedangkan sisanya 55,3% ditentukan oleh variabel lain. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat yang kuat antara keterampilan metakognitif dan keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Kata kunci : Keterampilan Metakognitif; Keterampilan Generik Sains; Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:06 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14893 |
Actions (login required)
View Item |