DARULFALAH, ZAHRA HAFIFATUL JANNAH (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT SKRIPSI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_COVER.pdf Download (297kB) |
|
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (265kB) |
|
Text
3_Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf Download (324kB) |
|
Text
4_Pernyataan Keaslian.pdf Download (268kB) |
|
Text
5_Abstrak.pdf Download (275kB) |
|
Text
6_Kata Pengantar.pdf Download (410kB) |
|
Text
7_Daftar Isi.pdf Download (254kB) |
|
Text
8_Daftar TEBEL.pdf Download (227kB) |
|
Text
9_Daftar GAMBAR.pdf Download (216kB) |
|
Text
10_Daftar LAMPIRAN.pdf Download (148kB) |
|
Text
11_BAB 1.pdf Download (459kB) |
|
Text
12_BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
13_BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
14_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
|
Text
15_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
Text
16_Daftar Pustaka.pdf Download (133kB) |
|
Text
17_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
18_Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan software Geometer's Sketchpad (GSP) terhadap kemampuan penalaran logis matematis siswa SMP pada materi segiempat. Penelitian dilakukan di MTs 109 Kujang, Ciamis, dengan melibatkan siswa kelas VII sebagai subjek penelitian. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geometer's Sketchpad (GSP) dan kelompok kontrol yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) tanpa bantuan Geometer's Sketchpad (GSP). Hasil analisis data menunjukkan bahwa data penelitian homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis pertama menggunakan uji paired sample t test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,042, sebesar 0,025 (0,05 2 ) karena analisis ini menggunakan uji dua arah (2-tailed), maka dapat disimpulkan bahwa 0,042 lebih besar dari 0,025. Uji hipotesis kedua menggunakan uji uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,219, sebesar 0,025 (0,05 2 ) karena analisis ini menggunakan uji dua arah (2-tailed), maka dapat disimpulkan bahwa 0,219 lebih besar dari 0,025. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geometer’s Sketchpad (GSP) tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran logis matematis siswa SMP pada materi segiempat dibandingkan dengan penggunaan Problem Based Learning (PBL) tanpa bantuan Geometer's Sketchpad (GSP). Kata Kunci: Problem Based Learning, Geometer's Sketchpad, Penalaran Logis Matematis, Pembelajaran Matematika, Segiempat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:39 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14892 |
Actions (login required)
View Item |