PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK (Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024)

RAHAYU, IRA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK (Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. KATA PRNGANTAR.pdf

Download (188kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (328kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media video dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi APBN dan APBD. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan desain non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes essai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 215 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 4 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPS 6 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas control dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive. Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) < 0,05 dan berdasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dengan demikian disimpulkan dalam penelitian bahwa model problem based learning dengan menggunakan media video dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Video

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:26
Last Modified: 08 Jan 2025 06:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14831

Actions (login required)

View Item View Item