PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN NEARPOD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA (Quasy experiment pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

RAHMAWATI, RANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN NEARPOD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA (Quasy experiment pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (130kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
04. REKOMENDASI PENGUJI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (164kB)
[img] Text
07. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (118kB)
[img] Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
09. DAFTAR TABEL.pdf

Download (152kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (157kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (948kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
19. DAFTR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil tes studi pendahuluan keterampilan proses sains peserta didik dalam mata pelajaran fisika di kelas XI MAN 3 Tasikmalaya yang masih rendah sebesar 43,3% dari 29 peserta didik. Keterampilan proses sains menjadi salah satu keterampilan yang dianggap penting dalam pembelajaran abad 21, sehingga membutuhkan model yang dapat melatih dan meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbantuan Nearpod terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang cahaya. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 – 6 di MAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 207 orang. Tekni Purpusive Sampling digunakan untuk menentukan sampel kelompok kontrol (kelas XI MIPA 5) dan eksperimen (kelas XI MIPA 2) dengan jumlah sampel pada masing-masing kelompok sebanyak 33 peserta didik. Keterampilan proses sains peserta didik diukur melalui tes uraian sebanyak 6 butir soal materi gelombang cahaya. Teknik analisis data adalah uji prasyarat seperti uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t (pada taraf signifikansi 5%). Hasil uji hipotesis menunjukkan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:22
Last Modified: 27 Dec 2024 02:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item