Kholilah, Diana (2024) ANALISIS UNSUR INTRINSIK DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK BIDADARI YANG MENGEMBARA KARYA A.S. LAKSANA: PENDEKATAN STRUKTURAL (Sebagai Alternatif Bahan Ajar Menganalisis Teks Cerita Pendek pada Peserta Didik Kelas XI). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (210kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (181kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (900kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (320kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (212kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (338kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (394kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (586kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara semi terstruktur yang penulis lakukan dengan guru Bahasa Indonesia, bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menganalisis teks cerita pendek yang diberikan kepada peserta didik sebagai bahan ajar cenderung masih terbatas sumbernya yaitu hanya dari buku paket yang tersedia di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengacu pada dapat tidaknya teks cerita pendek yang terdapat dalam buku kumpulan cerita pendek berjudul Bidadari yang Mengembara dijadikan sebagai alternatif bahan ajar pada peserta didik kelas xi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dapat atau tidaknya teks cerita pendek yang terdapat dalam buku kumpulan teks cerita pendek berjudul Bidadari yang Mengembara dijadikan sebagai alternatif bahan ajar. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, analisis isi, dan dokumen. Instrumen penelitian menggunakan tabel instrumen analisis unsur intrinsik, isi teks cerita pendek, kurikulum yang digunakan, dan aspek-aspek yang terdapat dalam kesesuaian karya sastra dengan usia peserta didik. Proses validasi dilakukan oleh tiga orang praktisi bahasa Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa teks yang terdapat dalam buku kumpulan teks cerita pendek berjudul Bidadari yang Mengembara memiliki kesesuaian dengan instrumen penelitian yang telah penulis buat, khususnya pada empat dari dua belas teks cerita pendek yang dianalisis. Artinya empat teks yang terdapat dalam buku kumpulan teks cerita pendek berjudul Bidadari yang Mengembara dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada peserta didik kelas xi. Hasil akhir dari penelitian ini, penulis membuat sebuah modul teks cerita pendek untuk memudahkan peserta didik dalam memahami teks cerita pendek
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 08:08 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 08:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14665 |
Actions (login required)
View Item |