ANALISIS UNSUR INTRINSIK DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK BIDADARI YANG MENGEMBARA KARYA A.S. LAKSANA: PENDEKATAN STRUKTURAL (Sebagai Alternatif Bahan Ajar Menganalisis Teks Cerita Pendek pada Peserta Didik Kelas XI)

Kholilah, Diana (2024) ANALISIS UNSUR INTRINSIK DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK BIDADARI YANG MENGEMBARA KARYA A.S. LAKSANA: PENDEKATAN STRUKTURAL (Sebagai Alternatif Bahan Ajar Menganalisis Teks Cerita Pendek pada Peserta Didik Kelas XI). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (210kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (900kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (320kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (394kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (586kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara semi terstruktur yang penulis lakukan dengan guru Bahasa Indonesia, bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menganalisis teks cerita pendek yang diberikan kepada peserta didik sebagai bahan ajar cenderung masih terbatas sumbernya yaitu hanya dari buku paket yang tersedia di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengacu pada dapat tidaknya teks cerita pendek yang terdapat dalam buku kumpulan cerita pendek berjudul Bidadari yang Mengembara dijadikan sebagai alternatif bahan ajar pada peserta didik kelas xi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dapat atau tidaknya teks cerita pendek yang terdapat dalam buku kumpulan teks cerita pendek berjudul Bidadari yang Mengembara dijadikan sebagai alternatif bahan ajar. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, analisis isi, dan dokumen. Instrumen penelitian menggunakan tabel instrumen analisis unsur intrinsik, isi teks cerita pendek, kurikulum yang digunakan, dan aspek-aspek yang terdapat dalam kesesuaian karya sastra dengan usia peserta didik. Proses validasi dilakukan oleh tiga orang praktisi bahasa Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa teks yang terdapat dalam buku kumpulan teks cerita pendek berjudul Bidadari yang Mengembara memiliki kesesuaian dengan instrumen penelitian yang telah penulis buat, khususnya pada empat dari dua belas teks cerita pendek yang dianalisis. Artinya empat teks yang terdapat dalam buku kumpulan teks cerita pendek berjudul Bidadari yang Mengembara dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada peserta didik kelas xi. Hasil akhir dari penelitian ini, penulis membuat sebuah modul teks cerita pendek untuk memudahkan peserta didik dalam memahami teks cerita pendek

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Nov 2024 08:08
Last Modified: 22 Nov 2024 08:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14665

Actions (login required)

View Item View Item