PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA FLASH FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (Studi Eksperimen di kelas XI SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

PALUPI, INTAN NUR (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA FLASH FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (Studi Eksperimen di kelas XI SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (461kB)
[img] Text
3. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (650kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (302kB)
[img] Text
5. Abstract.pdf

Download (292kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (322kB)
[img] Text
7. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (304kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (204kB)
[img] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (186kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (184kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (304kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (586kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (440kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantu media flash flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koordinasi di lingkungan kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Materi sistem koordinasi yang digunakan dalam penelitian ini dibatasi pada materi sistem saraf. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling, terdiri dari XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian berupa essay sebanyak 12 butir soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA dengan taraf signifikasi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05, artinya nilai signifikasi kemampuan berpikir kritis kurang dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model problem based learning berbantu media flash flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci : Flash Flipbook, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Saraf

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Nov 2024 01:23
Last Modified: 08 Nov 2024 01:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14642

Actions (login required)

View Item View Item