ANALISIS JENIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER TEST DITINJAU DARI BELIEFS MATEMATIS

LESTARI, GINA (2024) ANALISIS JENIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER TEST DITINJAU DARI BELIEFS MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN ILMIAH.pdf

Download (102kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (140kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (31kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (35kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (32kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (222kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis miskonsepsi peserta didik pada materi persamaan linear satu variabel menggunakan instrumen three tier test ditinjau dari beliefs matematis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi penyebaran angket beliefs matematis, pengisian diagnostik three tier test, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini diambil dari peserta didik kelas VII SMP Terpadu Al-Urwatul Wustha. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peserta didik dalam kategori beliefs matematis tinggi dan sedang mengalami jenis miskonsepsi klasifikasional dan miskonsepsi teoritikal. Sedangkan peserta didik dengan beliefs matematis rendah mengalami jenis miskonsepsi klasifikasional, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal. Miskonsepsi yang dialami diantaranya keliru menentukan variabel, koefisien dan konstanta. Kesalahan mengidentifikasi hubungan yang tepat antara variabel panjang dan lebar yang menyebabkan salah dalam merepresentasikan soal cerita ke dalam model matematika yang benar, keliru penerapan aturan aljabar dasar, terutama dalam distribusi dan penyederhanaan persamaan. Kata kunci: Miskonsepsi, Three Tier Test, Beliefs Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Nov 2024 08:06
Last Modified: 04 Nov 2024 08:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14593

Actions (login required)

View Item View Item