LESTARI, GINA (2024) ANALISIS JENIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER TEST DITINJAU DARI BELIEFS MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (309kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf Download (373kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN ILMIAH.pdf Download (102kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (140kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (31kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (35kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (32kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (121kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (222kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (192kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis miskonsepsi peserta didik pada materi persamaan linear satu variabel menggunakan instrumen three tier test ditinjau dari beliefs matematis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi penyebaran angket beliefs matematis, pengisian diagnostik three tier test, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini diambil dari peserta didik kelas VII SMP Terpadu Al-Urwatul Wustha. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peserta didik dalam kategori beliefs matematis tinggi dan sedang mengalami jenis miskonsepsi klasifikasional dan miskonsepsi teoritikal. Sedangkan peserta didik dengan beliefs matematis rendah mengalami jenis miskonsepsi klasifikasional, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal. Miskonsepsi yang dialami diantaranya keliru menentukan variabel, koefisien dan konstanta. Kesalahan mengidentifikasi hubungan yang tepat antara variabel panjang dan lebar yang menyebabkan salah dalam merepresentasikan soal cerita ke dalam model matematika yang benar, keliru penerapan aturan aljabar dasar, terutama dalam distribusi dan penyederhanaan persamaan. Kata kunci: Miskonsepsi, Three Tier Test, Beliefs Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 08:06 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 08:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14593 |
Actions (login required)
View Item |