ISNAENI, AFLAHATIN NUPUS (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Kelas XI IPS MAN 2 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover-1.pdf Download (568kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. Lembar Pernyataan Keaslian.pdf Download (182kB) |
|
Text
5. Abstrak-1.pdf Download (813kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar-1.pdf Download (525kB) |
|
Text
7. Ucapan Terimakasih.pdf Download (553kB) |
|
Text
8. Daftar Isi-1.pdf Download (659kB) |
|
Text
9. Daftar Tabel.pdf Download (737kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (553kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (543kB) |
|
Text
12. BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (657kB) |
|
Text
13. BAB 2 Landasan Teoretis.pdf Download (719kB) |
|
Text
14. BAB 3 Prosedur Penelitian.pdf Download (904kB) |
|
Text
15. BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
16. BAB 5 Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka-1.pdf Download (552kB) |
|
Text
18. Lampiran-Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
19. Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
Abstract
Proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap pembentukan kemampuan peserta didik, baik itu dari segi psikomotor, kognitif dan afektif yang akan menentukan mutu serta kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah langkah dan pengaruh penerapan model project based learning berbantuan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi flora dan fauna di Indonesia dan Dunia kelas XI IPS MAN 2 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI IPS dan sampel penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 MAN 2 Kota Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan metode judgement sampling. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwa langkah-langkah dari penerapan model project based learning berbantuan media pembelajaran berbasis audio visual dilakukan dengan cara penentuan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitor peserta didik dan kemajuan proyek, menguji hasil, serta mengevaluasi kegiatan. Penerapan model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan uji Wilcoxon 0,000<0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh atau perbedaan dari penerapan model project based learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI IPS pada materi flora dan fauna di Indonesia dan Dunia di MAN 2 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Audio Visual, Hasil Belajar Kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 08:05 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 08:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14414 |
Actions (login required)
View Item |