Pengembangan Contextual Learning Activity Student’s(CLAS) Pada Materi Polinomial Untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

NURHAYATI, YANTI (2024) Pengembangan Contextual Learning Activity Student’s(CLAS) Pada Materi Polinomial Untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (89kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
3. Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (140kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (95kB)
[img] Text
5. Abstract.pdf

Download (32kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (51kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (14kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (11kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (14kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (80kB)
[img] Text
11. Bab 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
12. Bab 2.pdf

Download (157kB)
[img] Text
13. Bab 3.pdf

Download (283kB)
[img] Text
14. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB)
[img] Text
17. Bagian lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Contextual Learning Activity Student’s (CLAS) pada materi polinomial untuk mengeksplor kemampuan koneksi matematis siswa, menganalisis efektifitas CLAS. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru matematika, 12 orang siswa yang diambil dari kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 sebagai uji coba terbatas, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media serta 24 orang siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Cigalontang sebagai subjek pada uji lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan 4D yang memiliki empat tahapan yaitu define, design, development dan disemination. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara tidak terstruktur, angket dan tes kemampuan koneksi matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon pengguna, dan soal tes kemampuan koneksi matematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, pada tahap define peneliti menganalisis kebutuhan materi dan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Pada tahap design peneliti membuat rancangan CLAS pada web Canva Education, menyusun lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media serta merancang soal tes kemampuan koneksi matematis. Pada tahap developmment peneliti menghasilkan produk CLAS yang telah dirancang, kemudian melakukan uji validasi kepada ahli materi dan ahli media. Hail uji validasi yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media berada pada kategori “sangat valid” serta melakukan uji coba produk kepada 3 orang guru dan 12 orang siswa yang diambil dari kelas XI MIPA 2, dan 3 serta memperoleh kategori “sangat baik”. Pada tahap development juga CLAS digunakan sebagai media dalam pembelajaran yang dilakukan kepada 24 siswa dikelas XI MIPA 1. Hasil dari pembelajaran yang dilakukan terdapat nilai rata-rata nilai postes adalah 69,00 dan termasuk pada kategori cukup. Selain itu respon pengguna terhadap CLAS yang diberikan berada pada kategori “sangat baik”. Selanjutnya, pada tahap desemination peneliti melakukan penyebaran dengan cara mengadakan sosialisasi melalui zoom meeting terhadap beberapa orang guru SMA/MA/SMK yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Simpulan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk CLAS yang valid digunakan untuk mengeksplor kemmpuan koneksi matematis. Hasil pengujian Effect Size (d) mendapat nilai 2,59 memiliki efek yang sangat tinggi untuk mengeksplor kemampuan koneksi matematis. Kata kunci : CLAS, Kemampuan Koneksi Matematis, CTL

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:44
Last Modified: 10 Sep 2024 01:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14242

Actions (login required)

View Item View Item