Amalia, Risma (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (161kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (76kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (151kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (538kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (702kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (689kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (501kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita serta menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang perlu dikuasai oleh peserta didik. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VIII A SMPN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur serta menyimpulkan isi teks berita. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII A SMPN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus kesatu untuk kompetensi dasar mengidentifikasi unsur-unsur teks berita, peserta didik yang mencapai KKM hanya berjumlah 12 orang (38)%, dan yang belum mencapai KKM sebanyak 20 orang (62%). Sedangkan untuk kompetensi dasar menyimpulkan isi teks berita, peserta didik yang mencapai KKM hanya berjumlah 9 orang (28)%, dan yang belum mencapai KKM sebanyak 23 orang (72%). Pada siklus kedua, dalam kompetensi dasar mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita seluruh peserta didik kelas VIII A telah mencapai KKM yaitu sebanyak 32 peserta didik (100%). Pengolahan data menggunakan uji statistika Wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,001<0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima, bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMPN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:28 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:28 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14205 |
Actions (login required)
View Item |