PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Amalia, Risma (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (76kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita serta menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang perlu dikuasai oleh peserta didik. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VIII A SMPN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur serta menyimpulkan isi teks berita. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII A SMPN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus kesatu untuk kompetensi dasar mengidentifikasi unsur-unsur teks berita, peserta didik yang mencapai KKM hanya berjumlah 12 orang (38)%, dan yang belum mencapai KKM sebanyak 20 orang (62%). Sedangkan untuk kompetensi dasar menyimpulkan isi teks berita, peserta didik yang mencapai KKM hanya berjumlah 9 orang (28)%, dan yang belum mencapai KKM sebanyak 23 orang (72%). Pada siklus kedua, dalam kompetensi dasar mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita seluruh peserta didik kelas VIII A telah mencapai KKM yaitu sebanyak 32 peserta didik (100%). Pengolahan data menggunakan uji statistika Wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,001<0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima, bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMPN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:28
Last Modified: 09 Sep 2024 02:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14205

Actions (login required)

View Item View Item