PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Singaparna Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024)

AZIZAH, NUR (2024) PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Singaparna Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (791kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (187kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH..pdf

Download (301kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (335kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (638kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan rendahnya aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah, sehingga perlu diatasi salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran Gallery Walk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Gallery Walk terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah di kelas XI IPS 4 SMAN 1 Singaparna semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Populasi yang dipilih meliputi seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Singaparna dengan sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 orang dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 34 orang. Teknik uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment dengan taraf 5%. Penelitian ini menggunakan uji reliabilitas Cronbach Alpha. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji Independent Sample t-Test dengan bantuan software SPSS. Nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen sebesar 71, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 82,4. Sejalan dengan hasil uji independent sample t-Test nilai Sig. (2-Tailed) 0.00 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya metode pembelajaran Gallery Walk memiliki pengaruh terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMAN 1 Singaparna. Kata Kunci: Gallery Walk, Aktivitas Belajar, Metode Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:51
Last Modified: 03 Sep 2024 08:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13997

Actions (login required)

View Item View Item