PUSPITA, ANNISA EKA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (12MB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (190kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (264kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (158kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (12MB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (11MB) |
|
Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (11MB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
|
Text
9 BAB 1.pdf Download (12MB) |
|
Text
10 BAB 2.pdf Download (12MB) |
|
Text
11 BAB 3.pdf Download (12MB) |
|
Text
12 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
Text
13 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12MB) |
|
Text
15 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan berupa rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Ciamis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Time Token. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas yang dipilih menjadi sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang diketahui dari nilai rata-rata pretest dan posttest yang mengalami kenaikan yaitu dari 31,29 menjadi 82,36. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas kontrol yang diketahui dari nilai rata-rata pretest dan posttest yang mengalami kenaikan yaitu dari 32,86 menjadi 76,36. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang diketahui dari nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Kemudian dilihat dari nilai rata-rata N-Gain, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata N-Gain yang lebih tinggi yaitu sebesar 0,74 dibandingkan kelas kontrol yang memiliki nilai rata-rata N�Gain sebesar 0,65. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Time Token memberikan efektivitas yang lebih tinggi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif Time Token
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 06:21 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 06:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13981 |
Actions (login required)
View Item |