PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024)

PUSPITA, ANNISA EKA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (12MB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (12MB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (11MB)
[img] Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (11MB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)
[img] Text
9 BAB 1.pdf

Download (12MB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (12MB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (12MB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan berupa rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Ciamis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Time Token. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas yang dipilih menjadi sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang diketahui dari nilai rata-rata pretest dan posttest yang mengalami kenaikan yaitu dari 31,29 menjadi 82,36. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas kontrol yang diketahui dari nilai rata-rata pretest dan posttest yang mengalami kenaikan yaitu dari 32,86 menjadi 76,36. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang diketahui dari nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Kemudian dilihat dari nilai rata-rata N-Gain, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata N-Gain yang lebih tinggi yaitu sebesar 0,74 dibandingkan kelas kontrol yang memiliki nilai rata-rata N�Gain sebesar 0,65. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Time Token memberikan efektivitas yang lebih tinggi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif Time Token

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:21
Last Modified: 03 Sep 2024 06:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13981

Actions (login required)

View Item View Item