PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENYAJIKAN GAGASAN, PERASAAN, PENDAPAT DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

AZKIYA, FAWZAN (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENYAJIKAN GAGASAN, PERASAAN, PENDAPAT DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
2-LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
3-LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text
4-ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
5-KATA PENGANTAR.pdf

Download (118kB)
[img] Text
6-DAFTAR ISI-TABEL-GAMBAR-LAMPIRAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
7-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
8-BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (439kB)
[img] Text
9-BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
10-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11-BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
12-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
13-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
14-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dengan memperhatikan unsur pembangun teks puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi. Pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 78. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dengan memperhatikan unsur pembangun teks puisi pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 20 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, serta tes untuk memperoleh data yang diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dalam menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dengan memperhatikan unsur pembangun teks puisi. Setelah data dinilai dan dihitung secara statistika menggunakan uji Normalitas. Hasil uji menunjukkan data berdistribusikan tidak normal. Sehingga data yang dianalisis dilanjutkan diuji menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon, baik untuk aspek pengetahuan maupun keterampilan, diketahui hasil W hitung (0) < (lebih kecil) daripada W tabel (2,5758). Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dengan memperhatikan unsur pembangun teks puisi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:04
Last Modified: 02 Sep 2024 07:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13907

Actions (login required)

View Item View Item